====== Melayani Pesanan di Front-end FnB HelloBill ====== Anda dapat melayani berbagai metode pemesanan seperti Dine-In, Take Away, dan Reservation melalui front-end FnB HelloBill pada perangkat androi Anda. * Pilih “Dine In” untuk melayani pesanan pelanggan yang makan di tempat. * Pilih “Take Away” untuk melayani pesanan pelanggan yang dibawa pulang. * Pilih “Delivery” untuk melayani pesanan melalui telepon atau pesanan yang diantar. {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-12-46-49.jpg?nolink&200|}} ===== Melayani Pesanan Dine-In ===== Anda dapat melayani pesanan pelanggan yang makan di restoran melalui menu “Dine In” yang ada di front-end FnB HelloBill. ==== Memilih Meja ==== - Pilih “Dine In” pada halaman muka front-end FnB HelloBill. - Pilih meja sesuia kapasitas yang tersedia. - Masukkan jumlah pelanggan yang akan duduk di meja tersebut, lalu klik "confirm". {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-12-46-49.jpg?nolink&200|Pilih Dine In}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-12-47-01.jpg?nolink&200|Pilih meja}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-15-27-59.png?nolink&200|Masukkan jumlah pelanggan}} ==== Mencatat Pesanan ==== - Pilih kategori menu yang tersedia. - Pilih menu yang dipesan pelanggan, setelah selesai klik kotak hijau untuk melakukan pembayaran atau melihat total tagihan. - Periksa kembali pesanan yang Anda layani. {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-12-47-29.jpg?nolink&200|Pilih kategori menu}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-12-47-41.jpg?nolink&200|Pilih menu}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-12-52-35.jpg?nolink&200|Periksa kembali pesanan}} ==== Menyelesaikan Pesanan ==== - Jika seluruh pesanan sudah benar, lanjutkan dengan memilih metode pembayaran (//payment method//). - Pilih metode pembayaran yang tersedia lalu klik “Pay Now”. Anda juga dapat melihat total tagihan dan kembalian yang diterima pelanggan. - Transaksi telah selesai setelah metode pembayaran selesai dilakukan. {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-12-52-44.jpg?nolink&200|Pilih metode pembayaran dan masukkan nominal tagihan}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-12-53-02.jpg?nolink&200|Cetak atau kirim struk tagihan}} ===== Melayani Pesanan Take Away ===== Anda dapat melayani pemesanan menu untuk dibawa pulang (take away order) melalui front-end HelloBill. Cara memesan menu Take Away mirip dengan pemesanan Dine In. Perbedaannya, Anda tidak harus memilih meja untuk pelanggan. ==== Mencatat Pesanan ==== - Pilih “Take Away” pada halaman muka front-end FnB HelloBill. - Pilih kategori menu yang tersedia. - Pilih item/menu yang dipesan pelanggan, setelah selesai klik kotak hijau untuk melakukan pembayaran atau melihat total tagihan. {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-12-46-49.jpg?nolink&200|Pilih Take Away}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-14-31-12.jpg?nolink&200|Pilih kategori menu}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-14-31-47.jpg?nolink&200|Pilih menu}} ==== Menyelesaikan Pesanan ==== - Cek kembali pesanan yang Anda layani. Anda juga bisa menambahkan nama pelanggan atau diskon yang sedang berlangsung. - Pilih metode pembayaran yang tersedia lalu klik “Pay Now”. - Transaksi telah selesai setelah metode pembayaran selesai dilakukan. {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-14-31-53.jpg?nolink&200|Periksa kembali pesanan}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-14-32-02.jpg?nolink&200|Pilih metode pembayaran dan masukkan nominal tagihan}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-14-32-09.jpg?nolink&200|Cetak atau kirim struk tagihan}} ===== Melayani Pesanan Delivery ===== Jika restoran Anda memiliki layanan pesan-antar, front-end HelloBill juga dapat membantu memudahkan pesanan pelanggan melalui tipe pemesanan Delivery. Sebelum dapat melayani pesanan, Anda terlebih dahulu harus memasukkan data pelanggan. ==== Memasukkan Data Pelanggan ==== - Pilih “Delivery” pada halaman utama front-end FnB HelloBill. - Pilih pelanggan/customer yang melakukan pesanan. Anda pun bisa menambah pelanggan dengan mengklik “+”. - Isi data pelanggan dan alamat pengiriman dengan benar dan lengkap. Selipkan juga catatan jika diperlukan. {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-12-46-49.jpg?nolink&200|Pilih Delivery}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-14-32-37.jpg?nolink&200|Pilih atau tambah data pelanggan}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-14-51-20.jpg?nolink&200|Periksa kembali atau ubah data}} ==== Mencatat Pesanan ==== - Pilih kategori menu yang tersedia. - Pilih item/menu yang dipesan pelanggan, setelah selesai klik kotak hijau untuk melakukan pembayaran atau melihat total tagihan. {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-14-51-37.jpg?nolink&200|Pilih kategori menu}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-14-51-54.jpg?nolink&200|Pilih menu}} ==== Menyelesaikan Pesanan ==== - Cek kembali pesanan yang Anda layani. Anda juga bisa menambahkan diskon yang sedang berlangsung - Pilih metode pembayaran yang tersedia lalu klik “Pay Now”. - Transaksi telah selesai setelah metode pembayaran selesai dilakukan. {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-14-52-03.jpg?nolink&200|Periksa kembali pesanan}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-14-52-11.jpg?nolink&200|Pilih metode pembayaran dan masukkan nominal tagihan}} {{:images:login_fnb_android:screenshot_2017-11-03-14-52-24.jpg?nolink&200|Cetak atau kirim struk tagihan}} ===== Menghapus Menu yang Dipesan ===== Anda dapat menghapus menu yang dipesan selama metode pembayaran belum Anda pilih. Cara ini dapat dilakuakan untuk menghapus menu pada pemesanan Dine In, Take Away, maupun Delivery. - Pada halaman “Order Detail”, pilih dan tahan menu yang akan dihapus. - Setelah itu, pilih “Ok” pada kotak konfirmasi yang muncul. - Menu akan langsung terhapus dari daftar rincian pesanan. {{:screenshot_2017-11-03-16-44-21.jpg?nolink&200|Pilih dan tahan menu yang akan dihapus}} {{:screenshot_2017-11-03-16-44-28.jpg?nolink&200|Konfirmasi penghapusan menu}} {{:screenshot_2017-11-03-16-44-43.jpg?nolink&200|Menu terhapus dari daftar}} ===== Menahan Pesanan ===== Anda dapat menahan (//hold//) pesanan yang sedang Anda layani dengan cara yang mudah. Anda pun dapat mengetahui meja yang pesanannya sedang di-//hold// di halaman utama pada menu Dine-In. - Pilih ikon menu yang ada di bagian kanan atas pada “Order” atau “Order Detail”. - Untuk kembali ke pesanan yang sedang di-//hold//, pilih “Dine In” dan pilih meja dengan ikon memasak. Anda pun dapat melihat sudah berapa lama pesanan pelanggan di-//hold//. {{:cats.jpg?nolink&200|Klik ikon yang diberi kotak}} {{:screenshot_2017-11-03-16-39-58.jpg?nolink&200|Akan terlihat ikon memasak}} ===== Membatalkan Seluruh Pesanan ===== Jika pelanggan membatalkan pesanan (cancel order), Anda dapat membatalkan seluruh pesan dengan mudah. - Pada halaman "Order Detail", pilih ikon di paling kanan atas. - Pilih "Cancel Order" lalu pilih "ok" untuk mengkonfirmasi pembatalan pesanan. {{:screenshot_2017-11-03-17-11-25.jpg?nolink&200|Klik ikon}} {{:screenshot_2017-11-03-17-11-35.jpg?nolink&200|Konfirmasi pembatalan}}