Back-end atau back-office merupakan sistem yang terkoneksi dengan sistem front-end yang dapat diakses melalui browser Anda. Back-end adalah komando utama untuk mengatur segala operasional dan manajemen restoran Anda mulai dari mengatur menu, waktu kerja, inventaris, menentukan pajak dan harga, menerapkan diskon, hingga mengatur akses front-end untuk para staf. Dengan kata lain, back-end berperan dalam semua pengaturan bisnis dan tersambung langsung ke front-end.
Masuk ke Back-end FnB HelloBill
Sebelum memulai, Anda harus masuk (log in) ke akun HelloBill Anda terlebih dahulu melalui https://app.hellobill.co.id/fnb/login.html. Masukkan username dan password sesuai dengan invitation yang HelloBill kirim ke email Anda. Lalu klik “Login“.
Setelah berhasil log in, Anda akan diminta memilih outlet atau cabang Anda.
Jika sudah, Anda telah siap mengoperasikan back-end FnB HelloBill untuk restoran Anda.
Dashboard
Dashboard merupakan rangkuman keseluruhan data performa restoran pada back-end FnB HelloBill. Data disajikan secara interaktif dalam bentuk grafik, diagram, dan matriks yang mudha dipahami.
Report
Report merupakan menu di mana data penjualan diolah sebagai laporan penjualan yang dibutuhkan oleh Owner/Manager/Departemen terkait. Bagian ini memudahkan Anda melihat bahkan mengatur sendiri laporan bisnis Anda.
Melihat Jumlah Penjualan
Riwayat Kunjungan Pelanggan
Melihat Performa Staf
Laporan Laba dan Rugi
Tipe Pembayaran
Laporan Penilaian Pelanggan
Laporan Penjualan Per Jam
Laporan Inventaris
Laporan Pemesanan
Laporan Per Departemen
Laporan Pengeluaran
Laporan Diskon
Memantau Stok
Laporan Berdasarkan Tagihan
Laporan Pajak
Laporan Pendapatan Per Item
Transaction
Transaction akan menunjukkan laporan seluruh data dari nota/receipt yang telah dibayar maupun yang di-void atau dibatalkan. Nota yang di-void akan ditampilkan dengan warna dasar merah.
Melihat Seluruh Transaksi
Library
Library merupakan pusat data seluruh menu restoran. Pada bagian ini Anda dapat mencari, menambah, menghapus, dan mengatur menu yang ada. Bagian ini menjadi pusat pengaturan kategori, diskon, promosi, hingga menu yang terbuang.
Category
Discount
Item Master
Modifier
Tag
Waste
User and Staff
User and Staff akan memudahkan Anda untuk mengatur, menambah, dan menghapus hak akses staf terhadap back-end dan front-end. Menu ini juga memungkinkan Anda mengatur waktu kerja dan performa staf.
Hak Akses Back-end dan Front-end
Mengatur Shift Kerja
Mendata dan Mengatur Staf
Membatasi Hak Akses Staf
Inventory
Inventory akan memudahkan Anda untuk meninjau, mengatur, menambah, dan menghapus data inventaris barang/bahan baku. Sekaligus mengatur data pemakaian inventaris, daftar pemasok barang, dan lalu lintas barang/bahan baku.
Data Inventaris Barang/Bahan Baku
Keluar dan Masuk Barang/Bahan Baku
Menyesuaikan Data Inventaris
Barang/Bahan Baku Tidak Bisa Digunakan
Mendata Pemasok dan Produksi Barang/Bahan Baku
Unpacking
Setting
Setting adalah tempat pengaturan back-end HelloBill